Teras Kabupaten Bogor

Home » , , » Tambang Emas Pongkor

Tambang Emas Pongkor

Pintu Beton Tambang Emas Pongkor
Tamansari (KabupatenBogor) - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) - BUMN ini memiliki Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) Pongkor. Di tempat ini Anda dapat melihat proses penambangan emas yang harus melalui serangkaian proses pengeboran, peledakan, pengerukan, pengangkutan, dan penimbunan kembali. Pertama kali dieksploitasi pada tahun 1974. 

Untuk mendapatkan emas dari urat-uratnya, Antam membangun terowongan utama dengan diameter 3,3 meter, dan tinggi 3 meter. Panjangnya terowongan ini, jika terus diikuti, maka akan tembus ke Gunung Pongkor yang berjarak + 4 kilometer. Pintu dari portal beton adalah satu-satunya tempat keluar masuk lokasi penambangan.

Dalam terowongan ini, terdapat 4 lubang besar sebagai ventilasi, sehingga orang dapat bertahan  tinggal selama dua hari dalam terowongan tanpa harus kehabisan udara bersih. 

Jika ingin menelusuri atau masuk terowongan emas, semua  peraturan penambangan harus dipatuhi, mulai dari kartu asuransi, memakai sepatu bot, berbaju wearpack, hingga berhelm yang dilengkapi senter di atasnya serta tidak lupa, masker harus dikenakan.

Lokasi: Sorongan, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung
Koordinat : 6 39' 44" S, 106 35' 6" E
Arah: 54 kilimeter dari kota Bogor
Informasi Lebih Lanjut: Kantor Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Bogor
Jl. Segar III Kav. V Komplek Perkantoran Pemda Cibinong Bogor

Sumber : dari berbagai sumber
Foto : Istimewa


Thanks for reading & sharing Teras Kabupaten Bogor

Previous
« Prev Post

Populer